2017-03 10

Barrier Gate

  • Mon 7th Jan 2013
  • Erin

Beberapa minggu lalu kembali terjadi kehilangan sepeda motor di tempat parkir motor di masjid, yang sebelumnya juga sudah pernah terjadi. Let’s face it..... motor yang parkir di kawasan masjid tidak selalu dilakukan oleh mereka yang akan ke masjid. Ada beberapa alasan, diantaranya karena sepenuhnya terbuka, hanya tutup antara jam 20.30 – 03.00, semua boleh parkir di sana terlepas dari agama dan untuk kebutuhan apa. Singkatnya siapa saja boleh parkir di sana.

Policy itu memang kita pilih, pertama karena masjid Manarul Ilmi adalah milik ITS. Tapi yang lebih penting lagi, itu adalah refleksi nilai-nilai Islami yang ingin kita jadikan acuan, bahwa Islam itu rahmatan lil alamin –rahmat untuk seluruh alam, apalagi hanya menyediakan tempat parkir untuk sesama, sepanjang kondisi masih memungkinkan. Tentu ada skala prioritas, seperti diutamakan pertama untuk jamaah, kemudian untuk warga ITS, dan seterusnya, dan seterusnya.

Dari sisi tenaga parkir, keuangan kami baru bisa menyediakan satu tenaga parkir full-time, itupun waktunya kita pilih antara 11.00-20.30, sudah lebih dari standar jam kerja 8 jam (trimakasih kepada Cak Dayat yang melanjutkan karir almarhum Bapaknya dengan dedikasi tinggi). Saat ini (akhir Pebruari 2017) Takmir sedang berusaha melakukan pendekatan ke Manajemen ITS agar mendapat satu tenaga keamanan full-time yang dikhususkan untuk Masjid, semoga ada barokahnya.

Takmir juga sedang menghitung dengan lebih detil dari sisi infaq jamaah untuk bisa menambah lagi satu tenaga parkir full-time. Saat ini sedang dalam proses. Namun yang paling penting adalah kita terpaksa mengevaluasi parking system yang selama ini hampir fully open system. Setelah melalui beberapa kali diskusi akhirnya disepakati untuk develop semi closed system. Dipilihlah Radio Frequency Barrier Portal System karena relatif sederhana, namun hanya mereka yang mempunyai kartu khsus yang diberikan oleh Masjid-lah yang boleh masuk ke ruang parkir. Tentu kartu ini tidak gratis, meskipun masih jauh dalam jangkauan mahasiswa dan jamaah pada umumnya. Untuk detail masalah tersebut masih dalam proses pembahasan oleh tim pengelola.

Beberapa points yang mungkin perlu diputuskan adalah:

  • Tanggall.... mulai pasang spanduk (dan edaran Jum'at?) bahwa mulai tanggal .....s/d ...... akan diberlakukan uji coba portal parkir.
  • Untuk itu mahasiswa, tenaga pendidikan, dosen perlu mendaftar di ...... pada hari........ jam .........
  • Untuk jamaah (non mahasiswa) perlu mendaftar di ...... pada hari........ jam ......
  • Mulai tanggal ..... sepeda motor yg ke tempat parkir harus sudah mempunyai kartu parkir yang diperbarui setiap ..... bulan. Yang tidak mempunyai dikenakan biaya subsidi masjid sebesar minimal Rp. ..... setiap parkir
  • Dan lain lain...

Seperti terlihat pada foto di atas, pada saat ini portal parkir otomatis tadi sudah mendekati selesai. Nanti akan dilengkapi juga dengan canopy yang dari sisi fungsi melindungi petugas parkir dari panas dan hujan dan secara estetits tentu akan mewakili “selera” ITS pula. Oh iya, salah satu konsekuensi dari sistem semi tertutup ini akan tersedia 2 orang petugas parkir. Idealnya tentu sepanjang waktu parkir tersebut buka, namun keputusan akan tergantung dari kondisi finansial masjid. So, infaq Anda Sahabat Manarul Ilmi sangat ditunggu, dan tentu kami sangat berterimakasih akan segala bantuan yang selama ini Bapak/Ibu/Saudara Sahabat Manarul Imi sudah disampaikan ke Masjid. Tentu semakin besar jariyah ini semakin besar pula pahalanya, InshaAllah.......(AI) 

JADWAL SHALAT